Bittuang - Tana Toraja

Kecamatan Bittuang terletak di bagian barat Toraja dengan luas wilayah 163,27 km2, atau 5,09 persen dari luas Kabupaten Tana Toraja sebelum pemekaran. Terdapat empat belas desa (lembang) dan satu kelurahan dalam wilayah kecamatan Bittuang, menjadikan Bittuang sebagai kecamatan dengan jumlah desa terbanyak dalam wilayah Tana Toraja dan Toraja Utara.

Pada tahun 2006, penduduk kecamatan Bittuang tercatat 13.343 jiwa, atau 2.849 keluarga. Laju pertumbuhan penduduk Bittuang pada tahun tersebut adalah 2,67 persen.

Fasilitas Pendidikan

Idul Fitri 1429 H di Makale, Tana Toraja

Pada 1 Syawal 1429 H, yang jatuh pada tanggal 1 Oktober 2008, umat Islam merayakan Hari Raya Idul Fitri. Tidak terkecuali umat Islam di Tana Toraja, sebuah wilayah dengan mayoritas penduduk beragama Kristen.

Museum Buntu Kalando Sangalla, Tana Toraja

Museum Buntu Kalando menyimpan banyak hal dari Toraja di masa lalu. Di sini, masih bisa ditemukan pakaian perang ksatria (bayu tobarani) dengan la'bo' dua lalan, pakaian kebesaran bangsawan toraja, pakaian tempo dulu, perkakas rumah tangga, alat musik, keramik china, hingga kopor besi tempo doeloe.

Suaya, makam bangsawan yang terlantar

Suaya, adalah komplek pemakaman bangsawan dari sangalla, yaitu yang berasal dari tongkonan Kaero.

Gereja Katolik Makale

Gereja Katolik di Makale, Tana Toraja, dibangun di pusat kota dan menjadi pusat pelayanan Katolik untuk daerah Makale dan sekitarnya.

Syndicate content