Museum Buntu Kalando Sangalla, Tana Toraja

Museum Buntu Kalando menyimpan banyak hal dari Toraja di masa lalu. Di sini, masih bisa ditemukan pakaian perang ksatria (bayu tobarani) dengan la'bo' dua lalan, pakaian kebesaran bangsawan toraja, pakaian tempo dulu, perkakas rumah tangga, alat musik, keramik china, hingga kopor besi tempo doeloe.

Sayang sekali, perawatan dan pemeliharaan koleksi museum yang tidak memadai mengancam kelestarian koleksi bersejarah ini.

April 2006, tim liputan torajaland mengunjungi Museum ini dan mengabadikan sebagian dari koleksi dalam foto. Kiranya foto2 ini membangkitkan kembali kepedulian sangtorayan, warga dan pemerintah untuk membantu kelestarian koleksi museum. Setidaknya, mari menyempatkan diri mampir ke Museum yang satu ini.

Pingin bangat

Bolehkah sy jd salah satu anggota atau team torajaland ini.maksud sy adakah syarat2nya???aq ingin m'brikan konstribusi ntk melestarikn budaya toraja.thank's

Dari kita untuk Toraja

Manasumoraka Sang Torayan,

Tabe' lako kita massola nasang. Kita perlu ikut gerakan pelestarian budaya Toraja demi kelangsungan identitas kita sendiri sebagai sang Torayan. Ianna tae' mo tatandai tu jatidiri budayanta, na sattu duka mora to na pade tu eksistensi Katorayan.

Maaf, basa Torayanku sudah tak karuan. Maklum, 40 tahun aku sudah merantau. Meski demikian, aku tetap kamali Toraja, dan bercita-cita melewatkan masa tua di sana.

Salama'

Dalle Sulekale
Jakarta