tour de toraja

Budaya & Tradisi
Toraja sudah lama dikenal dengan ritual pemakaman yg spektakuler, namun pesona toraja tidak hanya pada upacara perayaan kematian yang mahal dan lama tersebut. Dalam budaya Toraja terdapat juga upacara adat lainnya seperti meresmikan Rumah Tongkonan, dan ritual membersihkan kembali jasad leluhur yang sudah dikubur. Ritual terakhir ini memang menjadi daya tarik khusus karena sangat unik dan sering dianggap sebagai ritual membuat mayat berjalan di Toraja.

Wisata Alam Toraja yang terletak di dataran tinggi Sulawesi memiliki panorama alam yang mempesona, sehingga sangat menarik untuk dijelajahi dengan trekking, sepeda, sepeda motor, maupun dengan mengendarai kendaraan ATV dan kendaraan jelajah khusus. Toraja juga memiliki sungai dengan arus yang menantang untuk kegiatan Arung Jeram (Rafting maupun Kayak). Di samping itu, hampir di semua kampung di Toraja terdapat gunung/tebing batu yang aman untuk kegiatan panjat tebing.

Pemukiman Tradisional
Pemukiman tradisional Toraja juga menjadi daya tarik tersendiri. Tidak heran kalau hal ini diusulkan menjadi salah satu warisan dunia dalam UNESCO World Heritage. Pemukiman tradisional Toraja selain memiliki unsur RUmah Tradisional Tongkonan dengan arsitektur yang menawan, juga harus memiliki kompleks pemakaman tradisional yang berupa liang kubur batu atau peti kubur kayu untuk satu keluarga.