Perjalanan ke Toraja

Tana Toraja terletak 320 kilometer di sebelah utara Makassar, ibukota sekaligus gerbang Provinsi Sulawesi Selatan. Dari Makassar, tersedia alternatif perjalanan darat maupun dengan pesawat ke Tana Toraja, namun wisatawan umumnya menempuh perjalanan darat. Penerbangan ke Toraja dengan pesawat kecil dan jadwal yang dapat dibatalkan sewaktu-waktu menjadi alasan utama untuk lebih memilih menggunakan mobil atau bis menuju Toraja.

Adapun perjalanan darat membutuhkan waktu sekitar 6 hingga 8 jam, tetapi dengan kondisi jalan yang sudah baik, kendaraan (bis) yang nyaman, serta pemandangan sepanjang perjalanan, niscaya tidak akan terasa melelahkan. Perjanalan darat dari Makassar ke Tana Toraja Tana Toraja dapat menggunakan bis atau bisa juga dengan kendaraan carter/rental.

Makassar - Toraja dengan Bis:
Bis ke Makale dan Rantepao berangkat dari dari terminal Daya' Makassar pada jam 10 pagi dan jam 10 malam. Bis akan berhenti beberapa saat di Makale untuk menurunkan penumpang sebelum melanjutkan ke Rantepao. Tiket dapat dipesan melalui telepon atau dibeli langsung di pool bis atau di terminal Daya.

Makassar - Toraja dengan Kendaraan Rental:
Kendaraan rental (carter) dengan supir atau guide adalah alternatif terbaik, terutama jika traveling dalam group 4-6 orang. Dengan kendaraan rental, jadwal keberangkatan bisa lebih fleksibel dan tentu saja bisa mampir mengunjungi tempat-tempat menarik sepanjang perjalanan Makassar - Toraja.